Law of Process

Leadership develops daily, not in a day.

training manager john maxwellJOHN MAXWELL

Law of Process adalah salah satu prinsip leadership terpenting dalam 21 Irrefutable Laws of Leadership. Banyak orang ingin menjadi pemimpin secara instan, bahkan korporasi-korporasi besar berpikir bilamana mereka mengirim para managernya ke sebuah training leadership sehari – maka leadership orang-orang tersebut langsung membaik.

Dalam Law of ProcessDr John C Maxwell menegaskan bahwa kepemimpinan seseorang bertumbuh secara bertahap, tidak instan. Dan ada lima fase pertumbuhan leadership yang setiap kita perlu cermati.

Lima Fase Pertumbuhan Leadership

Bagaimana proses pertumbuhan leadership seseorang? Law of Process meringkasnya sebagai berikut:

  1. I don’t know what I don’t know.
    Saya tidak tahu apa yang saya tidak tahu. Saat seseorang tidak tahu apa manfaat dari leadership dalam kehidupannya, ia tidak akan bertumbuh.
  2. I know what I need to know.
    Saya tahu apa yang saya perlu ketahui. Ini adalah fase dimana seseorang menyadari bahwa ia perlu belajar tentang leadership. Biasanya seorang menyadari hal tersebut setelah merenungkan mengapa timnya tidak mengindahkannya.
  3. I know what I don’t know.
    Saya tahu apa yang saya tidak tahu. Leadership itu multidimensi, namun kebanyakan orang hanya memahami leadership sebagai wibawa atau pandai berkomunikasi. Di fase ini, seseorang mulai memahami faktor lain dalam leadership yang ia belum sadari dan membuat rencana pertumbuhannya.
  4. I know and grow, and it starts to show.
    Saya tahu dan bertumbuh, dan dampaknya mulai terlihat. Orang-orang di sekitar Anda mulai menyadari proses pertumbuhan Anda dan mendapat inspirasi dari leadership Anda.
  5. I simply go because of what I know.
    Di fase ini, intuisi leadership Anda semakin cair. Namun untuk mencapai fase ini, Anda perlu mengikuti Law of Process dan komit pada pertumbuhan leadership Anda.

Quote dari Law of Process

law of process john c maxwell

Salah satu quote atau kata mutiara terbaik dalam prinsip law of process adalah:

Champions don’t become champions in the ring – they are merely recognized there.

JOHN MAXWELL

Bila Anda ingin melihat proses pertumbuhan seorang pemenang dalam cabang olahraga, amatilah rutinitas harian mereka. Amatilah cara mereka berlatih dan berdisiplin. Di atas ring, di tengah lapangan, barulah mereka mendapatkan pengakuan untuk rutinitas harian mereka yang membuat mereka jadi lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat.

  • Karakter – siapa diri mereka, kualitas sifat dan kepribadian mereka.
  • Relasi – siapa yang mereka kenal; semakin mereka mengenal orang yang berpengaruh dalam tim yang mereka pimpin, semakin kuat pengaruhnya.
  • Pengetahuan – apa yang mereka tahu terkait fakta, faktor-faktor penentu, kecocokan waktu dan visi masa depan.
  • Intuisi – kemampuan mengenali dan bertindak terkait hal-hal yang tidak kasat mata, seperti energi, moral, ketepatan waktu dan momentum.
  • Pengalaman – semakin besar tantangan yang Anda hadapi di masa lalu, semakin besar potensi pengaruh Anda di masa kini.
  • Pencapaian – tidak ada yang praktis berpengaruh daripada bukti sukses atau pencapaian yang pernah Anda gapai.
  • Kemampuan – apa yang bisa Anda lakukan. Tim Anda ingin tahu bilamana pemimpin mereka bisa memimpin mereka kepada kemenangan.

Aplikasikan Law of Process

Beberapa hal berikut membantu Anda dalam menerapkan Law of Process dalam pengalaman leadership:

  1. Apa rencana pribadi Anda untuk pertumbuhan leadership? Tuliskanlah rencana untuk diri Anda, misalnya:
    • membaca satu buku setiap bulan
    • mendengarkan podcast leadership
    • mengikuti seminar leadership
  2. Pilih materi untuk pengembangan diri Anda, siapkan waktu dalam kalendar Anda, dan mulai selekasnya.
  3. Satu hal yang memisahkan pemimpin hebat dari yang biasa saja adalah cara mereka mengembangkan tim yang bekerja untuk mereka. Anda bisa memimpin beberapa karyawan Anda mengembangkan leadership mereka melalui buku, mengundang trainer, atau melakukan coaching secara personal. Rangkul tanggung jawab pengembangan leadership karyawan menjadi tanggung jawab Anda.