Apa itu Business Coach, dan apa peranannya?

Pernah bertanya-tanya, apa itu Business Coach? Dan apa yang dilakukan seorang Business Coach dalam bisnis Anda? Dalam artikel ini, saya berbagi informasi terkait apa itu Business Coach dan apakah Anda memerlukannya dalam bisnis.

Apa itu Business Coach

Business Coach bukanlah…

Pertama-tama, saya menjelaskan apa yang tidak menjadi fungsi dari seorang Business Coach.

Seorang Business Coach tidak mengerjakan rencana bisnis untuk Anda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sebuah program Business Coaching, Anda perlu melakukan secara mandiri apa yang Anda rencanakan dalam sebuah sesi coaching. Coach Anda akan ada di sana untuk membimbing, memotivasi dan meminta pertanggungjawaban Anda — namun ia tidak akan mengerjakan tugas Anda.

Seorang Business Coach sebenarnya tidak dibayar per jam. Tata cara kerjasama dan pembayaran seorang Coach mungkin menyatakan Anda mendapatkan sekian sesi atau jam. Namun demikian, ia akan bekerjasama dengan Anda secara personal, bahkan di luar sesi coaching, dengan tujuan membantu Anda mencapai goal Anda.

Seorang Business Coach bukanlah karyawan Anda, dan Anda tidak dapat memperlakukannya demikian. Untuk memperoleh manfaat terbaik dari seorang Business Coach, Anda ingin mereka bisa bebas untuk jujur terbuka dengan Anda. Jujur sebrutalnya, bila meminjam istilah Jim Collins (2001, Good to Great). Bila Anda memperlakukan Coach Anda seperti seorang karyawan, misalnya: mengacuhkan ia bila Anda tidak suka dengan masukannya, Anda tampaknya tidak akan menikmati program Business Coaching.


Apa itu Business Coach

Apa itu Business Coach?

Semoga tiga point di atas membantu menjelaskan apa yang seorang Business Coach tidak akan lakukan. Sekarang, mari kita amati apa itu seorang Business Coach, dan apa yang ia akan lakukan untuk bisnis Anda.

Seorang Business Coach akan membantu Anda dengan business planning. Memiliki rencana adalah salah satu kunci untuk membuat Anda fokus pada jalur pertumbuhan bisnis yang tepat. Bekerja bersama Business Coach Anda memampukan Anda menghasilkan action plan, rencana bisnis yang praktis. Rencana bisnis yang efektif bersama Business Coach Anda:

  • tidak boleh terlalu rumit
  • memiliki goal
  • memiliki KPI
  • memiliki strategi dan rencana penerapan

Business Coach Anda perlu bertemu rutin dengan Anda. Setidaknya Anda perlu bertemu sebulan sekali, dan lebih sering lagi di awal program coaching. Di masa pandemi seperti sekarang ini, sesi coaching bisa dilakukan juga melalui telepon atau Zoom/MS Teams (atau aplikasi sejenis). Sesi coaching tatap muka seringkali menjadi favorit, karena bisa memfasilitasi interaksi yang lebih visual. Akan tetapi, Anda bisa terkejut bila sesi coaching melalui telepon dapat membuat Anda lebih fokus.

Dari pengalaman saya, klien masih bisa diinterupsi dengan pekerjaan kantor, whatsapp di laptop dalam pertemuan tatap muka. Namun, manusia umumnya sukar berbagi perhatian dalam sebuah diskusi telepon.

Anda dan Coach Anda akan brainstorm ide-ide baru. Salah satu manfaat bekerja dengan orang di luar industri Anda adalah sudut pandang yang berbeda. Inilah yang akan dibawa oleh Coach Anda dalam setiap sesi. Dari pengalaman saya bekerja dengan ratusan pebisnis, saya seringkali dapat menghubungkan berbagai solusi dengan masalah yang tengah dihadapi klien. Ini yang disebut oleh Johari Windows sebagai blindspot: Anda demikian sibuk menjalankan bisnis hari demi hari, sehingga Anda mengalami blindspot dari melihat sesuatu yang tampak jelas bagi orang luar.

Business Coach akan meminta pertanggungjawaban Anda. Menurut para klien saya, salah satu manfaat terbesar dari memiliki seorang Coach adalah memiliki orang yang meminta pertanggungjawaban. Bila Anda berkata akan melakukan sesuatu, maka Coach Anda akan bertanya dan mencecar bila Anda tidak melakukannya. Saya sering berkata pada klien-klien saya: “Anda sudah tahu apa yang benar yang harus Anda lakukan. Anda hanya tidak melakukannya.” Apa pun alasannya, mungkin karena rasa malas, atau hilang fokus, atau pekerjaan yang menumpuk, memiliki seseorang yang akan meminta pertanggungjawaban akan sangat bermanfaat. Anda akan menjadi pebisnis yang konsisten dan penuh integritas – dan keduanya adalah modal utama untuk memimpin pasar.

Business Coach akan mendorong Anda belajar hal-hal baru. Anda berada di kondisi Anda saat ini karena pengetahuan Anda. Namun, untuk mencapai di kondisi terbaik berikutnya, pengetahuan Anda tidak lagi cukup untuk membawa Anda ke sana. Anda seringkali tidak tahu apa yang Anda tidak tahu. Jadi seorang Business Coach akan mendorong Anda untuk membaca buku, mendengar podcast, mengikuti workshop atau mengganti hobi. Catatan: Anda akan merasa hal-hal ini menjadi beban dalam waktu Anda, namun waktu yang Anda luangkan untuk membuat diri Anda lebih berpengetahuan akan membuat perbedaan besar dalam menghadapi masalah bisnis. Itu sebabnya Jim Rohn pernah berkata: Don’t wish your life is easier, wish you were better.

Business Coach akan jujur tentang Anda kepada Anda. Bila ia tidak berani terbuka mengkritik Anda, maka Anda perlu seorang Coach baru. Anda tidak ingin seorang Business Coach yang menjilat Anda, yang hanya memberikan “lip service” dan mengatakan hal-hal yang ingin Anda dengar saja. Diskusi yang tidak nyaman, yang terjadi antara Anda dan Coach Anda, terkadang malah menjadi modal perubahan yang diperlukan.


Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang bekerjasama dengan seorang Business Coach, silahkan menghubungi saya di sini.

Coach Danny is a John Maxwell Team Coach, Speaker and Trainer.