Piutang Macet karena Invoice Bermasalah

feature image piutang macet

Apakah invoice Anda sumber piutang macet perusahaan Anda?

Bila mereview invoice atau tagihan yang dikirim kepada customer, banyak perusahaan menemukan ini: masalah piutang macet mereka ternyata diawali oleh diri mereka sendiri.

Bila Anda mengamati lembar invoice yang Anda kirimkan pada customer, dan berimajinasi menjadi customerapa yang akan Anda temukan? Saya mengajak Anda meninjau tiga hal ini:

Baca juga: Libatkan Sales dalam Penagihan

Jatuh Tempo

Apakah tanggal jatuh temponya disebutkan dengan jelas? Ataukah customer perlu menghitungnya sendiri?

Invoice yang dibuat tanggal 20 September, dengan jatuh tempo diterakan 20 Oktober 2021 bisa berbeda arti dengan jatuh tempo 30 hari setelah invoice diterima customer.

Bila ada dua cara untuk menerjemahkan tanggal jatuh tempo, Anda bisa yakin bahwa Anda menghitungnya dengan cara berbeda dari customer. Jangan berikan kesempatan ini pada customer Anda. Cetak tanggal yang jelas pada invoice Anda.

Jumlah Tertagih

Di masa pandemi seperti ini, memberikan diskon untuk pembayaran yang lebih cepat bisa membantu cashflow Anda. Misalnya Anda bisa memberikan diskon 2-5% untuk pembayaran lebih cepat.

Akan tetapi, apakah Anda menyerahkan pada customer untuk menghitung diskon yang diterimanya?

Bantulah customer dengan menyederhanakan prosesnya.

Misalnya, invoice senilai Rp 100,000,000 dan jatuh tempo 30 September 2021. Anda memberikan diskon 2% untuk pembayaran lebih awal. Maka, akan sangat membantu bila Anda menerakan:

  • Bayarlah Rp 98,000,000 bila membayar sebelum 30 September 2021
  • Bayarlah Rp 100,000,000 bila membayar setelahnya.

Penanganan Keluhan

Perjelas kepada customer tentang siapa dan nomor telepon yang dapat mereka hubungi bila mengalami pertanyaan tentang tagihan. Dengan demikian bila ada kalkulasi yang membingungkan, customer bisa dengan mudah menghubungi bagian finance Anda – daripada mereka mengandalkan kalkulator atau menunda menghitungnya.

Renungan

Apa yang Anda ingin perjelas dalam invoice Anda untuk membantu customer membayar lebih baik?

Apa mendesain ulang lembar invoice Anda bisa membantu memperjelas informasi penting bagi customer?

Apa yang sering menjadi perdebatan tim finance Anda dengan customer terkait invoice?


Please share

Bila Anda suka artikel ini, bagikan melalui whatapp / whatsapp grup, facebook atau sosial media lainnya. Terima kasih banyak.

Coach Danny is a John Maxwell Team Coach, Speaker and Trainer.