Teamwork Makes the Dream Work

Dua langkah memulai teamwork dalam bisnis Anda

Peribahasa Teamwork Makes the Dream Work berasal dari kesadaran bahwa seorang individu yang hebat tetap membutuhkan orang lain untuk mewujudkan kehebatannya. Bahkan bila kita amati, rata-rata bisnis yang luar biasa dibentuk oleh tim pemimpin, bukan oleh seorang individu. Lihatlah bagaimana Bill Gates dan Paul Allen membangun Microsoft; atau bagaimana Steve Jobs dan Steve Wozniak membesarkan Apple Corp.

featured image - bagaimana teamwork makes the dream work

Untuk mencapai sukses yang besar, kita membutuhkan bantuan tangan dan dukungan mental dari orang lain. Semakin besar visi Anda untuk bisnis Anda, semakin besar teamwork yang Anda perlukan.

Penting untuk dicatat bahwa kualitas teamwork yang besar yang diperlukan, bukan kuantitas tim. Tim yang berjumlah besar tanpa teamwork adalah mimpi buruk bagi setiap business owners yang memiliki visi besar.

Bagaimana memulai teamwork?

Kemampuan untuk membuat tim bekerja bersama adalah kualitas leadership yang sangat bermanfaat bila dikuasai oleh seorang pemimpin bisnis. Berikut adalah dua tips untuk memulainya.

Miliki Strong Leadership

Yang dimaksud bukanlah gaya kepemimpinan. Yang dimaksud di sini adalah kualitas kepemimpinan. Anda perlu menjadi pemimpin yang tegas dalam memutuskan dan bertindak.

Mengapa ketegasan penting dalam membangun teamwork? Jawabannya adalah karena tim Anda perlu memiliki keyakinan terhadap arahan dari Anda. Tanpa ketegasan, tim Anda mudah kehilangan motivasi. Tanpa ketegasan, tim Anda kehilangan arah dan berakhir bekerja asal-asalan.

Pemimpin yang plin-plan dan pemimpin yang peragu perlu memahami akar masalah yang menyebabkan sikap mereka tersebut:

  • Apakah karena takut kehilangan kendali?
  • Apakah karena tenggelam dalam kesibukan yang tidak pernah diurai?
  • Apakah karena bermain di zona nyaman?
  • Atau karena sudah terbiasa dengan membuat alasan?

Apa pun yang menjadi penyebabnya, tim Anda membutuhkan ketegasan Anda untuk mulai bekerjasama. Tanpanya, mereka akan tercerai-berai, kehilangan arah, bahkan bekerja dengan tujuan berlawanan satu sama lain.

Miliki Ketekunan terhadap Mimpi Anda

Adalah satu hal memiliki kepercayaan diri dan mimpi yang besar. Akan tetapi, pemimpin yang tidak tekun dalam memimpin timnya dalam proses mewujudkan mimpi tersebut akan membuat teamwork sebuah isapan jempol semata.

Cobalah renungkan. Renungkan 12 bulan ke belakang:

  • Adakah impian Anda, strategi Anda, taktik Anda yang Anda mulai namun tinggalkan sebelum selesai?
  • Adakah kesulitan yang membuat Anda meninggalkan proses?
  • Adakah kebosanan yang membuat Anda keluar dari proses?
  • Adakah rasa penasaran akan sesuatu yang baru, yang membuat Anda keluar jalur?

Teamwork dari tim Anda dimulai saat mereka paham bahwa mereka bekerja untuk seorang pemimpin yang bertanggung jawab akan sesuatu yang dimulainya. Komunikasi, konsistensi, dan fokus dari diri Anda akan membuat tim Anda sadar bahwa mereka perlu bertanggungjawab bekerjasama untuk sebuah hasil.

Talk-It Over

Teamwork makes the dream work – dan sang pemimpin-lah yang perlu memulai pekerjaan itu. Strong leadership dan ketekunan memberikan panduan bagi tim Anda untuk bekerja bersama. Hasilnya, sinergi dari kinerja tim Anda laksana kekuatan leburan atom yang lebih powerful dibanding mereka bekerja sendiri-sendiri di tempat yang sama.

Renungkanlah:

  • Bagaimana Anda akan mengasah ketegasan Anda dalam leadership?
  • Bagaimana Anda akan menjaga ketekunan Anda dalam proses mencapai visi?

Ide-Bisnis.com

Baca juga:
Berbagi Informasi, di sini.
Teamwork Makes the Dream Work – bagian 2, di sini.

Artikel Bisnis dan Artikel Leadership untuk Pengusaha | John Maxwell Team dan Leadership Detox

Updated dari 02 Agustus 2017

Coach Danny is a John Maxwell Team Coach, Speaker and Trainer.