3 Tips Praktis untuk membantu Sales Anda mendapatkan kepercayaan

"Bisa dipercaya" adalah intisari dari semua transaksi jual beli antar manusia. Penampilan sales Anda adalah salah satu cara mendasar untuk mengkomunikasikan pada prospek bahwa sales perusahaan Anda bisa dipercaya. Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah penampilan sales Anda membuat customer menilai produk/jasa dan perusahaan Anda?

“Bisa dipercaya” adalah intisari dari semua transaksi jual beli antar manusia. Namun berkata “saya dan perusahaan saya bisa dipercaya” tidak pernah cukup dan malah sering membuat Anda/ sales Anda mencurigakan.

Oleh sebab itu sebagai pemilik bisnis Anda perlu menemukan cara-cara yang tepat untuk memenangkan kepercayaan prospek dan customer. Penampilan sales Anda saat menyajikan produk/ jasa Anda sebagai solusi bagi customer adalah bumbu yang sangat penting.

Penampilan sales adalah sebuah contoh komunikasi non-verbal yang berkata banyak pada customer Anda. Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah penampilan sales Anda membuat customer menilai produk/jasa dan perusahaan Anda?

Berikut adalah tiga tips praktis yang bisa Anda sarankan pada sales Anda:

Senyuman

Senyuman adalah alat mendapatkan kepercayaan yang paling murah dan mudah. Murah karena sales Anda hanya perlu memastikan telah membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Mudah karena hanya kurang dari 5 detik waktu yang diperlukan untuk tersenyum.

Namun senyuman adalah komunikasi non-verbal yang sangat efektif saat sales Anda mencoba membangun kepercayaan. Senyuman mengkomunikasikan pada customer atau prospek Anda bahwa Anda orang yang tidak berbahaya dan mereka bisa terbuka dengan Anda.

[shareable]Senyuman adalah sebuah garis lengkung yang membuat banyak masalah menjadi lurus.[/shareable]

Kebersihan wajah dan rambut

Beberapa tahun lalu, seorang klien saya menyarankan agar saya mencuci muka secara teratur dengan scrub. Saya seorang pria yang tadinya berprinsip “yang penting otak encer, jujur” sadar juga bahwa sering dalam sesi coaching, wajah saya sangat berminyak.

Nah, bila saya yang menggunakan mobil saja bisa memiliki wajah berminyak, bagaimana dengan sales Anda di Jakarta yang panas dan macet ini? Sarankan sales Anda untuk membawa obat cuci muka, handuk dan pastikan rambut disisir rapi.

Penampilan yang bersih dan rapi mengkomunikasikan pada customer atau prospek bahwa mereka penting bagi sales Anda. Mengapa? Karena customer Anda disajikan penampilan yang fresh, bukan penampilan “bekas” ketemu orang dan macet. Biayanya? Saya baru cek kurang dari Rp 10,000 atau lebih murah dari sebungkus rokok.

Seragam

Bila produk Anda identik dengan kualitas yang tinggi atau pengalaman premium, sebagai pemilik bisnis Anda bisa mempertimbangkan menyiapkan seragam bagi tim sales Anda.

Seragam adalah alat bantu yang ideal untuk memastikan sales Anda mewakili perusahaan Anda dengan baik. Seragam menambah kredibilitas dan customer akan merasakan bahwa mereka berurusan dengan perusahaan yang besar dan mapan.

Untuk alasan keamanan, seragam akan membuat customer Anda mudah membedakan bilamana sales Anda masih bekerja di perusahaan Anda atau tidak.

Yang perlu Anda persiapkan: 

  • Bila perusahaan Anda belum memiliki warna brand, Anda bisa terlebih dahulu mengecek warna-warna yang bukan hanya keren, namun juga cocok dengan citra yang ingin Anda bangun. Misalnya warna merah seperti www.ide-bisnis.com menandakan semangat dan keberanian. Warna kuning mewakili kecerdasan, energi atau sukacita. Warna hijau menandakan harmoni, kesegaran dan pertumbuhan. Anda bisa mengecek lebih jauh di sini.
  • Anda juga bisa kreatif dengan membuat seragam bercorak batik loh.
  • Anda bisa juga bertanya pada customer Anda tentang apa yang mereka ingin sales Anda gunakan.
  • Tanyakan juga pada tim Anda. Bila seragam yang Anda pilih ternyata tidak nyaman bagi mereka, mereka tidak akan tampil nyaman pula.
  • Biayanya? Di era e-commerce seperti ini, seragam bisa dipesan dengan kuantitas minimum dan harga dimulai dari 50,000.

 

Diskusi

Dari tiga tips praktis di atas, yang mana yang bisa mulai Anda sarankan pada sales Anda? Yang mana yang masih Anda perlu cari informasi lebih lanjut?